Senin, 09 April 2012

3 Cara Mengatasi Masalah Pada WIFI Laptop / Notebook


3 Cara Mengatasi Masalah Pada WIFI Laptop / Notebook


3 Cara Mengatasi Masalah Pada WIFI Laptop / Notebook - Hotspot-an atau surfing dengan menggunakan koneksi Wifi bukan lagi menjadi barang langkah dan aneh. Di mall, café, hotel, terminal, bandara, warnet bahkan di sekolah-sekolah kita telah tersedia akses Wifi baik yang gratis maupun berbayar.



Menggunakan Akses Wifi (terutama yang gratis) memang mengasyikan, selain lebih mudah juga kita tidak perlu dipusingkan dengan masalah kabel LAN, tinggal aktifkan Wifi di Laptop, tunggu sampai proses scaning selesai dan akhirnya kita bisa connet internet dan mulai bersurfing di dunia maya.
Mengatasi Masalah pada WIFI
Namun ada kalanya kita mengalami berbagai masalah Wifi, seperti tidak bisa connect atau Wifi udah connect tapi ternyata kita tidak bisa internetan. Berikut ini adalah beberapa masalah Wifi yang seri dihadapi dan solusi untuk mengatasinya.

1. Masalah Wifi Pertama : No Wireless Connection
Aneh, memang padahal kita sudah berada di area hotspot atau Wifi, tapi sang Laptop malah memberikan notifikasi No Wireless Connection. Solusi untuk masalah seperti ini diantaranya adalah
  • Cek, jangan-jangan koneksi Wifi di Laptop belum di ON atau masih Disable
  • Coba beralih ke tempat yang lebih dekat dengan Router atau Acces Point dan tentunya hindari penghalang seperti tembok atau peralatan lainnya yang bisa mengkibatkan sinyal Wifi terganggu.
  • Bisa juga dicoba untuk me-restart atau Reset Wifi Router atau Acces Point
  • Cek SSID, kebanyakan laptop atau handphone akan menemukan secara otomatis SSID dari router atau Acces Point Wifi, namun jika ternyata SSID tersebut di hidden untuk alasan keamanan, maka Anda harus menambahkan SSID secara manual.
  • Pastikan Network Card menemukan secara otomatis IP dan Gateway setting
  • Jangan lupa pastikan untuk driver untuk Network Card atau Wifi di Laptop sudah uptodate
  • Jika Anda menggunakan Windows 7, gunakan fitur Repair Connection, dimana Windows 7 akan secara otomatis mengatasi masalah yang berhubungan dengan koneksi yang error.
2. Masalah Wifi Kedua: Wireless Connection but No Internet Access
Pasti Anda seringkan mengalami dimana Wifi Sudah Connect tapi Tidak Bisa Internetan atau Tidak bisa Connect ke Internet. Beberapa solusi berikut bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah seperti ini.
  • Cek Wireless Router – pertama Login sebagai Admin di Wireless Router, pada network status pastikan bahwa koneksi internetnya emang sudah normal alias lancar dan tidak mengalami masalah.
  • Buka dulu Browser baik itu Firefox, Chrome atau Dolphin Browser jika Anda menggunakan HP Android. Karena di beberapa tempat atau Hotspot seperti di warnet-warnet terkadang ada halaman Login untuk bisa memulai menggunakan Wifi. Jadi begitu tersambung ke Wifi, jangan langsung cek email atau Facebookan tapi buka dulu Browser
  • Masukan ulang kode WEP atau WPA. Beberapa Hotspot memang dilindungi dengan proteksi baik itu WPA, WEP atau WPA2 jadi pastikan bahwa Anda telah memasukan kode keamanan dengan benar
  • Cek Mac Anddress Filtering
  • Coba menggunakan DNS Server yang lain
3. Masalah Wifi Ketiga : Sinyal Wifi Drop atau Turun Naik dan Tidak Stabil
Saat melihat indikator sinyal wifi di area notifikasi, terlihat bahwa sinyal Wifi turun naik alias tidak stabil, untuk mengatasi masalah seperti ini.
  • Pastikan Anda berada tidak terlalu jauh di area Wifi, beberapa hotspot kadang hanya punya jangkauan 50 meter seperti di warnet-warnet, jadi pastikan bahwa Anda duduk di tempat yang tidak terlalu jauh dan juga tidak terhalang oleh tembok atau penghalang lainnya.
  • Jika ada dua hotspot berdekatan, terjadinya gangguan sinyal bisa saja timbul karena menggunakan Wireless Channel yang sama, karena itulah coba untuk mengganti Wireless Channel yang berbeda.
  • Jika jangkauan Hotspot Wifi memang terbatas dan hanya beberapa meter, cobalah memakai Wireless Repeater untuk memperkuat sinyal dengan jangkauan yang lebih jauh.
  • Cobalah untuk mengupdate driver Wifi, atau driver router
  • Saat untuk mengupgrade Wireless Router, masalah sinyala Wifi yang drop bisa diakibatkan karena Wireless Router yang sudah mengalami masalah, dan jalan terbaik mungkin sudah saatnya Anda mengganti Wireless Router dengan yang lebih baik dan lebih jauh jangkauan sinyalnya.
Sekian 3 Cara Mengatasi Masalah Pada WIFI Laptop / Notebook yang saya dapat dari sumber, semoga bermanfaat...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau untuk yang nomor dua kan saya tidak tahu pasword admin gan. dan saya hanya numpang hotspotan di tempat umum bagaimana cara mengatasinya? mohon bimbingannya.

wifi laptop tidak berfungsi mengatakan...

makasih ya gan untuk solusinya

Anonimyak mengatakan...

notebook saya gak normal, wifi gak aktif...lewat fn gk bisa, device manager gak bisa,... lwat control panel jg lum bisa... gmna dnk... thnx..